Do It !

Sudah baca posting sebelumnya?

Sebenarnya apa manfaat dari meluncur di atas lantai es ini?

Ada yang mengatakan bahwa olahraga ini sangat baik untuk menjaga agar kita tetap fit. Apalagi untuk menjaga berat badan. Ada kok, seorang bapak berusia 40-an yang sejak pulang belajar dari Eropa merasa berat badannya naik drastis. Ia cukup rajin ber-ice skating di sini dan hasilnya berat badannya kembali normal.

Bila Anda akan mencoba olahraga yang menantang ini, sudah keharusan, kita melakukan pemanasan sebelum latihan. Di sini menggunakan kaus kaki dan sarung tangan adalah keharusan juga. Sementara dengan sepatu skatingnya sendiri akan dipinjamkan saat kita mendaftar.

Berlatih ice skating bisa dimulai pada usia dini. Bisa dimulai saat anak berusia 2,5 tahun, segera setelah bisa berjalan. Batas usianya sampai usia 58 tahun juga masih ada yang masih berlatih. Setiap siswa es skating akan mendapat latihan sesuai dengan tingkatan yang sesuai dengan standarisasi yang dikeluarkan Institute Ice Skating (ISI) di Amerika. “Misalnya untuk yang berusia 2,5 tahun atau pre school, kita memberikan tingkatan TOT Test, dilanjutkan dengan Pra Alpha untuk pemula, Alpha, Betha, Gamma, Delta dan Free Style 1-10.

Uniknya ujian kenaikan tingkat di sekolah ini tidak ditentukan apakah materi di tingkat yang dijalani sudah selesai atau belum. Para pelatih biasanya akan menguji setelah murid benar-benar telah menguasai satu tingkatan. Hal ini dilakukan karena tingkat kesulitan tiap tingkat berbeda dan setiap murid dituntut untuk menguasai secara penuh.

Free Style bisa dikatakan tingkat yang tak hanya paling tinggi tapi juga sangat menantang. Karena di tingkat ini skater dituntut berimprovisasi dan pilihan musik yang sesuai dengan gerakan. Untuk Skater Free Style inilah biasanya pengetahuan tambahan seperti balet dan jazz dibutuhkan.

Latihan untuk Pemula

Untuk skater pemula, saran terbaik yang bisa di berikan adalah carilah pelatih yang berpengalaman. Tapi selain pelatih yang pengalaman sedikit pengetahuan sebagai bekal tidak akan merugikan Anda. Jadi, coba simak hal-hal dibawah ini.

  1. Mulailah dengan membuat pijakan kaki Anda di lantai rink atau lapangan luncur es. Lakukan untuk kedua kaki Anda sambil membengkokkan lutut Anda dan merendahkan punggung serendah mungkin saat Anda meluncur dengan lengan terbuka.
  2. Lalu tundukkan dagu Anda hingga menyentuh dada Anda. Ini akan menghindari belakang kepala Anda dari jatuh terjengkang dan menghantam lantai es.
  3. Jika terjatuh, saat Anda terbangun, pertama kali bangunlah dengan tangan dan lutut Anda, yakinlah bahwa tangan berada di antara dua lutut untuk mencegah ada sepatu skater lain yang melintasi jari Anda.
  4. Bangunlah dengan menapakkan satu kaki di atas lantai es. Setelah Anda merasa cukup kuat lakukan dengan kaki yang satunya.
  5. Setelah berdiri di atas kedua kaki Anda, perlahan angkat badan Anda. Cobalah untuk membuat gerakan mengukuhkan injakan kaki Anda di lantai es sekali lagi.

Jatuh Adalah Hal yang Lumrah

Jatuh adalah hal yang lumrah dalam berlatih ice skating. Tapi untuk menghindari jatuh yang fatal atau bahkan juga yang bisa membahayakan orang lain, simak tips berikut ini.

  1. Awasi semua orang yang ada di sekitar Anda untuk menghindari benturan.
  2. Selalu teriaki mereka yang berskating dengan irama mereka sendiri atau dalam pelajaran. Mereka berhak untuk menyingkir.
  3. Periksalah area yang Anda inginkan untuk berskating sebelum memulai gerakan.
  4. Saat Anda melakukan gerakan semisal gerakan berputar, atau gerakan spiral terbalik, waspadalah agar tak ada yang terluka karena sepatu Anda.
  5. Jika Anda jatuh, bangunlah dengan segera. Skater lain mungkin akan kesulitan melihat jika Anda terduduk di lapisan es.
  6. Jika melihat orang lain jatuh dan mungkin cedera, jangan pindahkan mereka sampai yakin ia tak akan membuat gerakan yang bisa mencederainya lebih parah lagi.
  7. Tahan diri Anda untuk berdiri diam di atas es dalam waktu lama. Ini bisa menambah risiko berbahaya bagi skater lain.

Kenali Lapangan Sebelum Meluncur

Bagi skater pemula ada baiknya punya sedikit pengetahuan tentang beberapa hal sebelum berani berani memutuskan untuk terjun ke arena skating.

  1. Masing-masing rink atau lapangan luncur es punya peraturan sendiri-sendiri, cari tahu terlebih dahulu.
  2. Waspada pada Lutz Corners di posisi sudut pukul 10:00 dan 4:00. Kecuali Anda punya banyak pakar lompatan di klub Anda. Mereka biasanya bisa mengidentifikasi semua area yang tak biasa di rink.
  3. Waspadai sepatu skater Anda, karena biasanya akan ada jejak yang ditinggalkan setelah Anda melakukan salah satu gerakan.
  4. Saat Anda terjatuh ingatlah selalu untuk menjauhkan jemari Anda dari tapak sepatu skating Anda.

Merawat Sepatu Luncur

Merawat sepatu luncur Anda sama pentingnya dengan mempelajari semua teknik berskating

  1. Untuk membersihkah noda gunakan alkohol terlebih dahulu sebelum Anda menyemirnya.
  2. Pastikan sepatu boot disemir dengan baik setiap saat untuk menjaga kulitnya dari terpaan air.
  3. Keringkan bagian bawah sepatu skating setelah Anda keluar dari arena ice skating.
  4. Kendurkan tali, tarik keluar lidah sepatu untuk memberi kesempatan bagian dalam sepatu kering setelah Anda menggunakannya.
  5. Jangan menyimpan sepatu luncur dalam tas, loker, kantung atau mobil. Ini akan menghambat sirkulasi udara dalam sepatu.
  6. Lapisi sol sepatu luncur dengan lilin sepatu skating atau materi seperti “Sno-Seal”.
  7. Jangan gunakan lacquer atau pernis untuk melap bagian sol dan hak sepatu.

Jangan takut untuk memulai sesuatu yang baru. Try it! Dan Anda akan menemukan sesuatu yang baru yang belum pernah Anda dapatkan sebelumnya..

\(^0^)/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s